Pages

Sandi Caesar


Gzkkn, Awklnlr Olfu :)

Pasti kalian bingung membacanya.

Namun jika saya bilang cara untuk membaca kata sebelum koma adalah huruf alfabet asli + 1 dan cara membaca kata setelah koma adalah alfabet qwerty + 1, tentu bisa membacanya.

Apakah hal ini termasuk salah satu ilmu sederhana militer dalam penjagaan pesan ?


Sejarah singkat
Singkatnya, nama sandi ini diambil dari Julius Caesar, dimana menurut sejarah beliau menggunakan sandi ini dengan geseran tiga untuk mengirim pesan yang mengandung rahasia ataupun taktik militer.

Simpelnya hal tersebut dilakukan agar aman dari ancaman musuh, terutama dari mata - mata negara lain.

Sandi ini pun sempat digunakan pada Perang Dunia I. Dimana negara Rusia menggunakan ini karena tidak menemukan kemajuian sandi yang lain, sehingga menyebabkan penemu sandi ini mudah memecahkan kodenya, yaitu Jerman beserta salah satu sekutunya saat itu Austria.

Aplikasi sandi
Cara penggunaan sandi kaesar secara teori cukup simpel, hanya menggeserkan alfabet asli atau alfabet yang berada di qwerty. Mungkin terlihat sangat mudah, namun terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan polanya, apalagi jika pola tiap kata berbeda seperti 3 kata yang saya tulis di awal kalimat.

Setiap kata, terdapat 25 kemungkinan pergesaran alfabet, bisa minus 1 hingga 25 atau plus 1 hingga 25.

Hal ini juga berlaku untuk angka.

Bahkan dokumenpun bisa di lindungi dengan menggunakan sandi ini, sehingga saat ada orang lain mendownlad dokumen yang kalian upload, secara langsung susunan huruf akan berubah sesuai sandi caesar yang kalian buat.

Perkembangan zaman
Seiring perkembangan zaman, sandi ini pun sudah mulai gampang dipecahkan, apalagi dengan kemajuan komputer dan teknologi informasi. Pemecahan sandi pun dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat.

Sehingga pada saat ini sandi ini hanya digunakan untuk merahasiakan dokumen - dokumen yang tingkat rahasisanya tidak terlalu tinggi.

Sandi ini pun saat ini kebanyakan digunakan dalam kehidupan sehari - hari, seperti menulis surat cinta, diari, ataupun kode untuk seseorang.

Ditemukan sandi Vigenere yang mana merupakan pengembangan dari sandi Caesar, dimana geseran huruf dalam tiap kata berbeda dan biasanya merujuk pada sebuah kata kunci. Sehingga sandi ini tergolong cukup kompleks dan sulit dipecahkan karena membutuhkan tahapan - tahapan yang cukup panjang dalam pemecahannya.


Ya, tidak ada ruginya kita mempelajari bahasa orang lain atau musuh kita agar dapat selamat dari tipu daya mereka.

No comments:

Post a Comment