Pages

Passion


Pernah baca dalam buku Good to Great ?

Ada 3 hal yang harus bisa dijawab jika ingin membuat sebuah hal yang sangat keren atau lonjakan yang sangat tinggi.

Salah satunya adalah mengenai hal apa yang menjadi passion kita.


Passion
Secara bahasa, passion adalah kombinasi antara kenikmatan, keyakinan, dan emosi. Tidak akan dapat bisa disebut passion, jika salah satu dari ketiga hal tersebut tidak ada.

Dewasa ini, mungkin banyak orang yang mengeluh melakukan sebuah pekerjaan karena tidak sesuai passion. Dengan salah statemen pembenaran dari mereka adalah orang - orang besar saat ini adalah mereka yang melakukan pekerjaannya sesuai dengan passionnya.

Frame seperti ini mungkin yang harus diluruskan.

Mencari kegiatan sesuai passion, bukan berarti kita mencari kegiatan yang hanya memuaskan panca indra kita. Namun kita juga harus dapat meyakini bahwa dari kegiatan yang kita mulai ini akan membawa berkah dan merupakan jawaban dari Allah SWT.

Satu lagi yang terpenting adalah tentang emosi. Sejauh mana keterikatan emosi kita dalam menjalankan kegiatan ini. Semakin terikat, maka semakin bersemangat pula kita menjalankan kegiatan ini, dan juga semakin untuk rela kita memprioritaskan kegiatan ini dengan kegiatan lainnya.

Organisasi hebat
Jika kamu ingin membuat sebuah organisasi yang bukan hanya sekedar bagus, namun juga hebat, ingatlah pepatah ini :

"The right man, in the right place, in the right time"

Bahwa penempatan anggota yang tepat, tentu akan mempengaruhi kinerjanya untuk sebuah organsiasi.

Tidak sedikit juga organisasi yang terpaksa memasukkan anggota kedalam sebuah departemen yang mereka sama sekali tidak mempunyai passion dalam bidang tersebut. Hal ini terkadang dilakukan karena alasan tidak mempunyai waktu lagi.

Padahal jika kita terus berusaha mencari, pasti akan bertemu.

Hal ini selaras dengan passion. Mereka yang bekerja sesuai dengan passionnya tentu akan memberikan hasil yang bukan hanya bagus, namun sangat bagus, bahkan diatas rata - rata.

Contohnya jika menempatkan seseorang yang mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi, tentu orang ini akan dapat memberikan kemampuan terbaiknya jika diletakkan di departemen hubungan masyarakat dibanding bidang  analisis.

Jika kamu pernah mendengar sebuah pepeatah yang mengatakan :

"Pekerjaan yang paling enak adalah hobi yang dibayar"

Tentu kita akan sangat menikmati pekerjaan ini, berapapun lamanya jam kerja dan upah yang didapat. Sama seperti saat kita sudah jatuh cinta dengan sebuah hal, tentu kita akan selalu mealokasikan waktu untuk hal itu.

Alasan
Terkadang hal ini pula yang sering dijadikan alasan untuk mengundurkan diri dari sebuah amanah ataupun tidak maksimalnya kontribusi dalam sebuah amanah.

Tentu ini hanyalah sebuah alasan. Bisa jadi saat mendapatkan amanah yang tidak seseuai rencana awal, otak kita secara tidak langsung sudah berpikir negatif dengan mengatakan bahwa ini ga sesuai passion saya yang berakibat mengerjakan amanah ini ogah - ogahan.

Padahal bisa jadi kita menemukan passion baru dari amanah yang dipunya saat ini.

Passion tentu asal mula munculnya tidak pada saat kita lahir, melainkan dari kebiasaan - kebiasaan yang sering kita lakukan sejak lahir, hal ini juga mungkin dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan.


Jika kita tidak mendapatkan amanah yang tidak sesuai dengan pasion kita, lakukan dengan segera cara - cara yang dapat meningkatkan kecintaan kita dengan amanah itu, hingga kita sudah terbiasa dan enjoy untuk mengerjakannya.

Anggap saja ini adalah passion baru saya yang lebih besar dan keren dari sebelumnya :)

No comments:

Post a Comment