Pages

Hikmah Cerita Naruto


Apakah kamu salah satu pembaca manga naruto ?

Hikmah apa saja yang kamu dapat dari cerita manga ini ?


Nilai
Berbicara manga tentu berbicara suatu ide yang divisualisasikan melalui gambar dan tulisan. Namun sebagus dan sehebat apapun tokoh yang diceritakan, mereka hanyalah fiksi, bukan kenyataan. Ibarat jika kita mengaggumi tokoh ini secara berlebihan, kita hanya mengidolakan suatu hal yang tidak nyata dalam kehidupan. Biasanya yang real adalah nilai - nilai yang tersurat ataupun tersirat.

Yang membedakan manga satu dengan manga lainnya bukanlah dari kualitas fisik tokoh yang dibuat, melainkan nilai cerita yang dibuat.

Berbicara manga naruto tentu berbicara sebuah cerita yang cukup sulit ditebak dan rumit. Namun jika kamu mengikutinya dari awal, maka berjalannya cerita seperti lengkapnya serpihan - serpihan puzzle. Salah satu daya tarik dari manga ini adalah dengan adanya karakter growing, yang membuat pembaca penasaran seperti apakah perkembangan karakter favoritnya seiring berjalannya cerita.

Mentor
Setiap tokoh yang ada disini pasti mempunyai guru dibelakangnya, sehebat atau selemah apapun tokoh itu. Adanya guru dan murid disini menjelaskan bahwa perlunya kaderisasi untuk sebuah kestabilan.

Pelajaran dalam sebuah kelas tidak cukup untuk mendalami sebuah ilmu. Dengan adanya kelompok ini, sebuah ilmu dapat didapat di luar pelajaran dalam kelas, yang terkadang justru dari kelompok ini sebuah ilmu dapat diperdalam dan diketahui aplikasinya.

Bahkan mentor disini dapat berasal dari mantan musuh yang notaben usianya cukup tua dan tersadar, mereka berharap para generasi muda tidak melakukan kesalahan seperti yang dulu pernah mereka lakukan.

Tabayun
Banyak konflik atau masalah yang muncul dari informasi yang didapat setengah - setengah tanpa berusaha mencari tahu secara dalam sebuah informasi.

Seperti itachi yang membunuh semua klan uciha kecuali sasuke. Kakashi yang membunuh rin. Dibentuknya kelompok akatsuki. Semuanya mempunyai cerita terselubung mengapa hal tersebut terjadi.

Seiring bejalanya cerita, maka akar sebuah permasalahan yang sedang terjadi di dunia ninja tersebut dapat diketahui, salah satunya dengan melakukan pencaharian informasi secara dalam.

Persatuan
Dalam cerita klimaksnya, semua ninja dari berbagai desa bersatu untuk melawan satu musuh bersama. Musuh bersama ini yang menjadikan semua desa mau tidak mau bekerja sama, terlepas hubungan atau masalah yang pernah terjadi antar  desa.

Hal ini pun juga sempat ingin dilakukan sasuke dengan menjadi musuh bersama semua desa dengan tujuan agar semua desa tetap bersatu.

Bisa jadi terjadinya peperangan antar desa disebabkan tidak adanya musuh bersama.

Persahabatan
Bisa dibilang, cerita ini berawal mula karena perselisihan 2 sahabat, entah itu kakashi obito, hasirama madara, atau naruto sasuke. Dari perselisihan ini timbulah masalah - masalah yang cukup besar, bahkan menyebabkan salah satunya ingin membunuh sahabatnya.

Dalam cerita ini, ada sebuah loop yang konon katanya tidak dapat diselesaikan, yaitu 2 orang sahabat yang mewakili sesuatu untuk saling membunuh untuk mencapai perdamaian.

Namun di akhir cerita manga ini, loop ini dapat diputuskan oleh kuatnya hubungan persahabatan, seperti madara yang berbaikan dengan hashirama, obito yang berbaikan dengan kakashi, dan sasuke yang berbaikan dengan naruto. Dimana inilah yang merubah alur cerita ninja kedepannya.

Kerja keras
Ya, ini seperti yang awal saya sampaikan, sebuah hal yang menjadi daya tarik cerita manga ini. Semua tokoh disini mengalami perubahan, terutama tokoh utamanya, yaitu naruto.

Jalan cerita tokoh naruto disini ingin membuktikan bahwa siapa yang mempunyai mimpi dan berusaha mewujudkannya dengan kerja keras, maka mimpi tersebut dapat diraih walaupun kita terlahir sebagai orang yang tidak mempunyai bakat atau bukan siapa - siapa.

Di dalam ceritanya dapat kita lihat berapa kali naruto atau teman - temannya akan gagal, tetapi mereka tidak menyerah dan terus berusaha. Hingga akhirnya semua mimpi mereka dapat tercapai.

Bukan hanya mimpi mereka yang tercapai, namun musuh - musuh yang tadinya mereka hadapi berubah menjadi baik karena terpengaruh oleh gagasan dan kerja keras mereka untuk sebuah mimpi yang mulia. Sebuah mimpi untuk kebaikan semua ninja


Seperti biasa, apa yang saya dapat, bisa jadi berbeda dengan yang kalian dapat dari cerita naruto ini. Namun saya sangat mengapresiasi masashi kishimoto atas karyanya yang luar biasa ini.

Terlepas perbedaan pandangan yang kita dapat, semoga kita dapat selalu semangat untuk mencapai cita - cita kita :)

No comments:

Post a Comment