Pages

Only in Ramadhan


Wah, tak terasa Bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang, wah tak terasa Bulan Ramadhan akan selesai beberapa hari lagi.

Ya, kurang lebih seperti itulah statemen umum yang biasa disebutkan orang - orang termasuk saya, memang sebuah momen itu akan terasa sangat cepat saat kita menikmatinya.

Ternyata ada kejadian - kejadian dan hikmah yang akan kita dapati selama Ramadhan, terutama jika kamu mahasiswa yang masih berada di daerah sekitar kampusnya untuk mengurusi sesuatu.

Apa saja itu ?


Bulan penuh berkah
Tentu inilah hal yang paling istimewa dari Bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Bulan yang sangaaaat sayang jika kita lewati hanya dengan tidur tanpa berkaktifitas apapun.

Nah, semoga menjelang berakhirnya Bulan Ramadhan kita dapat sprint untuk melakukan aktifitas - aktifitas kebaikan yang ada.

Kejadian
Beberapa hal dibawah ini adalah kejadian - kejadian yang hanya terjadi di bulan Ramadhan, apa saja ? Cekidot gan.

1. Shaum Berjamaah
Jelas ini adalah bulan dimana semua Umat Muslim yang sudah baligh diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh kecuali yang sedang berhalangan. Menjadi suatu hal yang aneh jika kita melihat ada diantara mereka yang sedang makan atau minum di siang hari, kecuali anak kecil hehe.

2. Tarawih
Pada minggu pertama Ramadhan, masjid - masjid akan menjadi sangat ramai, terutama pada saat Shalat Isya dan Tarawih. Semangat tinggi dalam menyambut Ramadhan tentu membuat diri ini semangat untuk melakukan Shalat berjamaah.

Namun, setelah minggu pertama, mulailah terjadi iterasi - iterasi, hingga munculah mereka yang tetap konsisten semangatnya. Mari berpikir positif, mungkin yang lainnya sudah pulang kampung, sehingga meramaikan masjid di dekat kampunya.

3. Tilawah
Tilawah anywhere, anytime. Jangan heran jika kamu melihat dimana - mana akan ada orang yang membaca Al - Qur'an, bukan hanya di masjid saja, namun pada tempat - tempat umum seperti taman, tempat kerja, kendaraan umum, dan lain - lain.

Setidaknya jika kamu bertemu 50 orang, maka salah satu diantaranya pasti sedang sibuk tilawah berdasarkan survey sekilas saya hehe.

4. Kolak dan Kurma
Kedua makanan tersebut memang ada, namun pada bulan ini, seolah - olah kedua makanan tersebut adalah makanan yang wajib dimakan saat berbuka, bahkan mengalahkan gorengan, hehe.

5. Buka Bersama
Ya, ini adalah salah satu momen sakral yang pasti akan kamu alami, minimal 1 kali dalam 1 bulan. Sebuah momen dimana kita bisa bertemu keluarga besar, teman lama, ataupun sekedar berbukabareng dengan rekan kerja.

Tapi, jangan sampai lupa untuk Shalat Maghrib dan Shalat Isya berjamaahnya ya.

6. Bertemu Banyak Anak Kecil
Sadar atau tidak, kita akan bertemu banyak sekali anak kecil, dimanapun itu, terutama di Masjid ketika tarawih. Terkadang saking asiknya mereka bermain dengan teman sebayanya, sampai menarik perhatian orang - orang yang sedang shalat.

7. Terbiasa Bangun Malam Terakhir
Saat suatu hal berkaitan dengan kebutuhan primer, tubuh kita akan bereaksi dengan sendirinya, seperti bangun pada malam terakhir, walaupun sebelum - sebelumnya kita belum terbiasa. Hal ini mau tidak mau harus dilakukan, jika tidak maka sepanjang hari akan lemas karena tidak sahur.

Namun, jangan tidur dulu ya habis Sahur, Shalat Subuh dulu, kalau bisa berjamaah di masjid terdekat untuk laki - laki. Katanya kan mau bangun keluarga, ya di bulan ini bisa dijadikan momen buat benerin Shalat Subuh berjamaahnya hehe.

8. Malam Lailatul Qadar
Malam yang di jelaskan dalam Al-Qur'an dan Sunah dimana nilainya sama dengan seribu bulan, sebuah malam yang berkah. Sebuah malam yang hadir terdapat diantara 10 hari terakhir Ramadhan. Rasul dan para sahabat selalu meningkatkan kualitas ibadahnya selama 10 hari terakhir Ramadhan, dengan tujuan agar memperoleh malam yang penuh berkah itu.

Semoga ga terlalu sibuk belanja - belanja untuk persiapan Lebaran nya ya.

9. Kuat Rapat Seharian
Bulan Ramadhan akan selalu berubah tanggalnya jika berpacu pada kalender modern. Kebetulan dalam 5 tahun belakangan ini, sedang berada dalam tengah tahun pada kalender modern. Sehingga salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh panitia penerimaan mahasiswa baru.

Kamu pernah mengalaminya ?

Iya saya pernah mengalaminya juga. Waktu dari pagi hingga sore terasa sangaat cepat dikarenakan rapat - rapat dalam rangka menyambut adik - adik kita di kampus tercinta. Mungkin tak sedikit yang dalam pikiranya terpikir "Kapan gue pulang", "Di saat temen gue balik, gue masih setia berada di Nangor",dan lain - lain, hehe. Tetap semangat, Insha Allah ga ada yang sia - sia.

10. Zakat dan I'tikaf
Kedua hal tersebut adalah salah satu ladang pahala yang didapat selama bulan Ramadhan, akan banyak muncul lembaga yang siap menerima zakat kita dan banyak orang yang menginap di masjid.

Jangan lupa zakat fitrah ya, bagi yang sudah wajib :)

11. Pemburu Takjil
Nah ini mungkin yang bisa dibilang mahasiswa banget. Selama ramadhan kita menjadi tau menu - menu takjil yang ada di masjid - masjid sekitar kita. Ya, mungkin karena sedang mengirit biaya untuk pulang kampung.

Maghribnya sekalian berjamaah di masjid yang bersangkutan ya :)

Dan masih banyaaak lagi.

Hikmah
Akan selalu ada hikmah dari detik - detik yang kita lewati, dan beberapa hikmah dalam waktu Ramadhan adalah sebagai berikut :

1. Tau Waktu Subuh dan Maghrib Secara Akurat
Ya, kalian juga pasti merasakan ini. Tidak perlu saya jelaskan kan, hehe.

2. Banyak Waktu Kosong yang Dapat Digunakan untuk Beribadah
Berhubung waktu kerja yang berubah, tentu kita akan mendapatkan waktu kosong yang lebih banyak dari biasanya. Nah, dari sinilah momen yang sangat pas untuk melakukan ibadah - ibadah yang belum pernah kita lakukan ataupun meningkatkan ibadah - ibadah pada bulan biasanya.

Bukan banyakin tidurnya ya, hehe.

3. Betapa Kangenya Sahur Bersama Keluarga
Bangun sendiri, siapin makan sendiri, tentu membuat kita sadar, betapa hangatnya kasih sayang orang tua ketika kita masih tinggal bersama mereka di kampung halaman. Dimana mereka bangun lebih pagi dari kita untuk mempersiapkan sahur.

Ya, mungkin sekaligus alaram buat kamu yang masih jomblo, ini udah tahun keberapa sahurnya nyiapin sendiri, haha.


Hal - hal diatas adalah pengalaman saya selama berada di Jatinangor, sebuah tempat yang diapit oleh dua gunung. Bisa jadi pengalamanmu dan pengalamanku berbeda.

Selamat beribadah :)

No comments:

Post a Comment