Pages

Amanah


Mungkin kata ini sering disebut, namun terkadang banyak orang yang suka menyepelekan kata ini (termasuk saya mungkin).

Sebuah kata yang membuat diri ini merenung di kala ada yang mempercayakan untuk sharing tentang amanah dari perspektif agama.

Ya, mau ga mau saya harus browsing tentang amanah di internet


Dimulai dengan mencari firman Allah SWT
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS : Al - Anfaal ayat 27)

Sebuah ayat yang menurut saya maknanya cukup dalam untuk saya. Meningat diri ini terkadang baik disengaja atau tidak disengaja melakukan penghianatan amanah, entah amanah itu kecil ataupun besar.

Sabda Rasul
Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya.” (Muttafaqun'alaih)

Niat, ya semua itu kembali ke niatnya. Mungkin niat yang salah inilah terkadang memunculkan berbagai alasan agar bisa sedikit tidak amanahnya. Semoga diri ini senantiasa dapat meluruskan niatnya saat menerima sebuah amanah, hanya berharap ridha Allah.

Semua yang dilakukan akan mendapat perhitungan
"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula."(QS : Az - Zalzalah ayat 7 - 8)

Hanya bisa beristighfar, semoga diri ini dapat menjauhkan dari yang namanya berbuat kejahatan, walaupun hanya sebesar dzahrrah.

Semoga apapun amanah diri ini, bisa sebagai anak, pelajar, pekerja, hamba Allah, atau yang lainnya, dapat bertanggung jawab dengan sebaik - baiknya.


“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.” (QS:Al-Muminun ayat 8)

Semoga pejabat - pejabat di negeri ini dan diri ini khusunya dapat bertanggung jawab dengan baik dengan amanahnya, untuk Indonesia yang lebih baik lagidi waktu yang akan datang :)

No comments:

Post a Comment