Pages

Statistika dan Teknik Informatika


Semakin berkembangnya suatu zaman, maka ilmu pengetahuan dan teknologi pun akan semakin maju. Ada ilmu pengetahuan yang statis dan ada ilmu pengetahuan yang fleksibel seiring berkembannya zaman.


Ilmu dasar
Berbahagialah teman - teman yang kuliahnya mengambil salah satu program studi di Fakultas MIPA, terutama yang mengambil program studi Matematika, Kimia, Fisika, atau Biologi.
Walaupun jika kita melihat fakta pada hari ini, tidak dapat dipungkiri Fakultas ini umumnya menjadi pilihan selain nomor satu untuk ujian masuk apapun untuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Keempat program studi tersebut merupakan ilmu dasar dari segala turunan ilmu eksak, seperti Farmasi, Geologi, Statistika, Geofisika, Teknik Informatika, dan lain - lain.
Sebuah program studi yang melahirkan banyak sekali turunan - turunan ilmu yang aplikatif dan berperan dalam kemajuan zaman belakangan ini.

Landasan semua teori ilmu eksak berasal dari ilmu dasar ini.

Ilmu turunan
Merupakan ilmu yang sifatnya lebih condong ke aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan zaman, beberapa nama - nama program studinya seperti yang saya sampaikan sebelumnya.
Tidak menutup kemungkinan beberapa ilmu turunan yang usianya lama ini suatu saat akan dihilangkan dan diganti dengan ilmu turunan baru yang sesuai dengan perubahan zaman.

Namun hal tersebut bukan yang akan menjadi fokus utama saya dalam pembahasan kali ini, melainkan hanya sebagai pembuka saja, semoga kita selalu bangga dan bersyukur dengan apa yang kita punya saat ini.

Satu ibu 
Statistika dan Teknik Informatika merupakan dua ilmu turunan yang berasal dari satu ilmu dasar yang sama, yaitu Matematika.
Statistika lebih fokus untuk analisis data dan Teknik Informatika lebih ke fokus bagaimana membuat sebuah program yang memudahkan manusia dalam bekerja.

Saling beririsan
Data merupakan salah satu objek yang pasti dibutuhkan baik dalam bidang ilmu Statistika maupun Teknik Informatika.
Jika Statistika membutuhkan data untuk diolah dan diambil kesimpulannya, terlepas apakah data tersebut sampel atau populasi, maka Teknik Informatika menjadikan data yang ada untuk ditransformasi sesuai kebutuhan bisnis dengan teknologi komputer.

Ketika kuliah di Statistika FMIPA Unpad, ada sekitar 20% mata kuliah untuk menguasai bahasa pemrograman, seperti Pascal dan R.
Hal yang sama saya rasa juga terjadi ketika kuliah di Teknik Informatika FMIPA Unpad, ada sekitrar 20 % mata kuliah untuk memahami ilmu Statistika, seperti Data Mining dan Machine Learning.

Jadi jika kuliah di antara salah satu prodi ini, pasti akan mendapatkan juga sedikit pengetahuan dasar salah satu prodi lainnya.

Kebutuhan perusahaan
Mungkin dosen saya sering bilang, kalau mahasiswa lulusan program studi saya merupakan yang sering dicari oleh perusahaan dan bisa bekerja di jenis perusahaan mana saja.

Sepakat dengan statemen tersebut, tetapi seiring berkembangnya zaman, saya rasa statemen tersebut sekarang lebih cocok untuk mahasiswa lulusan program studi Teknik Informatika, karena ahli analisis untuk sebuah perusaan tidak terlalu banyak dibutuhkan, tetapi yang sedang dibutuhkan saat ini adalah orang - orang yang mempunyai kemampuan untuk membuat database, mengolah database, menghubungkan database dengan software analisis, dan sejenisnya.

Walaupun seperti itu, belakangan ini dapat banyak penekanan dari dosen - dosen Statistika FMIPA Unpad untuk bisa mahir menggunakan software dan sedikit bahasa pemrograman.

Perusahaan akan lebih suka mencari karyawan yang bisa multi talent, sehingga bisa mengefisienkan keuangan perusahaan.

Warna asli
Walaupun perubahan zaman menuntut kita untuk menguasai dasar kedua ilmu turunan ini, terlepas entah kita dari program studi Statistika ataupun Teknik Informatika, jangan sampai melupakan warna asli kita.
Sebuah warna yang harus diperdalam karena yang memang akan menjadi karakteristik kita ketika berada dalam masyarakat.
Sebuah karakteristik yang akan sangat membedakan karakteristik lulusan Statistika dan Teknik Informatika.


Jadi, mari bersaing dengan sehat, bisa mulai dengan saling bertukar ilmu, saling berinteraksi, dan cobalah menemukan suatu hal baru yang bisa dikombinasi dari kedua ilmu turunan ini :)

No comments:

Post a Comment